MENERAPKAN PENGELOLAAN INFORMASI MELALUI WEB LOG
Hai hai teman-teman saya Sri Wahyuni siswa SMKN 1 Kendal kelas 10 otkp 2 dalam blog ini saya akan menyampaikan tentang menerapkan pengelolaan informasi melalui web log
Pengertian Blog
Blog adalah jenis situs web yang biasanya disusun dalam urutan
kronologis atau urutan waktu kejadian dari yang terbaru postingan terbaru di
bagian atas halaman utama menuju ke postingan paling lama ke bawah.
SEJARAH WEB
WWW merupakan sebuah program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee
pada tahun 1991. Pada awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk
menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, ia mengembangkan satu buah system
untuk kepentingan pribadi. System ini merupakan program peranti lunak yg diberi
nama Enquire.
www sendiri dΔ±kembangkan pertama kalΔ± dΔ± Pusat Penelitian Fisika
Partikel Eropa (CERN Organisation Europeenne pour la Recherche Nucleaire).
Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee menciptakan pengajuan untuk proyek
pembuatan hiperteks global. dan selanjutnya pada bulan Oktober 1990. 'World
Wide Web sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN Dan di musim panas tahun
1991. WWW secara resmi dipakai secara luas pada jaringan Internet
SEJARAH BLOG
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang
dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir
tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat
sumber terbuka yang diperuntukan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah
catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan
program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog
dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh
beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan
para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat
memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan
yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya
(non-interaktif).
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara
total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah
kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang
kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam
blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
JENIS-JENIS WEBSITE
1. Search Engine atau Mesin Pencarian
Search Engine atau mesin pencari adalah jenis website yang khusus
mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam database
kemudian menampilkan daftar indeks ini berdasarkan kata kunci atau
"keywords" yang dicari oleh user. Mayoritas pengguna internet sudah
familiar dengan situs scarch engine untuk mencari informasi yang mereka
butuhkan melalui internet.
Beberapa contoh search engine antara lain :Google Search, Bing,
Yahoo Search dan lain-lain.
2. Web Portal
Adalah situs yang mengumpulkan dan menyediakan aneka informasi
dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada user, jika user tertarik untuk
mengetahui informasi yang ada dengan lebih lengkap, user akan diarahkan ke
sumber yang aslinya. Namun pada umumnya web portal tidak hanya menampilkan
informasi dari sumber luar, kadang mereka juga menampilkan informasi-informasi
dalam website mereka sendiri.
Beberapa contoh web portal antara lain :Yahoo, msn, msnbe dan
lain-lain. Web Portal
3. Wiki Website
Wiki yang paling terkenal saat ini adalah wikipedia. Website wiki
adalah website yang mengijinkan pengunjung untuk ikut menulis dan mengedit
artikel yang ada dalam website tersebut dengan mengacu pada peraturan-peraturan
tertentu. Masing-masing website wiki memiliki aturan yang berbeda-beda.
Biasanya, meskipun semua pengunjung bebas untuk menulis dan mengedit artikel di
website ini, namun ada sekelompok orang yang bertugas untuk memeriksa konten
yang dimuat apakah layak atau tidak untuk website tersebut. Meskipun website
wiki sering menjadi sumber referensi namun tidak semua informasi yang ada dapat
dipercaya 100%.
4. Archieve Site
Archieve site atau situs arsip adalah website yang dibuat untuk
mengumpulkan dan menyimpan materi-materi elektronik berupa konten-konten dan
halaman-halaman website agar tidak hilang/punah. Contohnya archieve.org.
5. Social Networking/Social Media
Situs social networking atau situs pertemanan online adalah situs
yang disediakan bagi para membernya untuk bertukar informasi dan media
elektronik lainnya seperti foto, musik dan video. Beberapa situs social
networking yang terkenal sebelum fenomena Facebook dan Twitter antara lain
Multiply, Friendster dan MySpace. Kemudian bermunculan pula Social Media dengan
tema-tema yang lebih spesifik seperti social media untuk berbagi lokasi
(FourSquare), social media entertainment (GetGlue) dan masih banyak lagi.
6. Forum
Forum termasuk salah satu jenis website yang pernah menjamur di
Indonesia. Apalagi sejak fenomena KasKus sebagai forum no 1 dan juga website
dengan pengunjung terbanyak di Indonesia. Forum dibuat untuk ajang diskusi dan
tukar informasi. Ada yang spesifik ada juga yang bersifat umum, dan dalam forum
ini terdapat sub-sub forum berdasarkan kategori-kategori tertentu yang
ditetapkan oleh admin. Untuk membangun sebuah forum yang lengkap membutuhkan
waktu yang sangat banyak. Untungnya sudah tersedia software-software pembuat
forum yang siap pakai, baik yang gratis ataupun berbayar.
Software pembuat forum yang terkenal adalah vBulletin, yang
digunakan oleh kaskus dan banyak forum-forum internet lainnya. Sedangkan
beberapa forum gratisan dan open-source antara lain : yabb, vanilla, SMF, phpbb
dan lain-lain. Sedangkan contoh website forum antara lain Kaskus, Modifikasi,
detikForum dan lain- lain.
7. Portal Berita dan Informasi
Portal berita dan informnasi adalah situs yang memuat
berita-berita dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung. Bisa juga bherisi
opini dan komentar-komentar seputar politik. teknologi dan lain-lain.
Situs-situs berita ini seperti layaknya koran, majalah dan buletin online.
Konsep dan karakteristik situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis berita
dan target pembacanya Beherapa contoh situs berita adalah detik, kompas,
cosmopolitan dan lain-lain.
8. Social Bookmarking
Social bookmarking adalah situs yang mengijinkan user untuk
memasukan informasi atau sumber informasi artikel-artikel tertentu untuk dibaca
atau di-rating dan dikomentari oleh user lainnya. Situs jenis ini sering digunakan
oleh pemilik situs berita, blog dan situs-situs lainnya untuk mempromosikan
konten situs mereka.
Beberapa situs social bookmarking yang terkenal adalah Lintas
Berita, Digg dan stumbleupon
9. Media Sharing
Situs ini khusus disediakan bagi user untuk meng-upload
media-media elektroknik seperti gambaer, musik dan video agar dapat dilihat
atau di download oleh pengunjung lain. Contohnya adalah Youtube, Flickr,
Imageshack dll.
10. Cloud
Situs jenis cloud ini adalah pengembangan dari situs media sharing
dimana situs ini memberikan fasilitas penyimpanan file sekaligus berbagi file
bagi anggotanya dengan fitur eanggih sinkronisasi file, dimana pengguna dapat
melakukan sinkronisasi otomatis file-file tertentu di komputer atau gadget
mereka dengan cloud server tanpa perlu melakukan upload file manual Beberapa
contoh website cloud antara lain Dropbox. SkyDrive dan GoogleDrive.
11. Company Profile
Company profile biasanya berupa website sederhana untuk
menampilkan profil dan produk atau jasa serta portfolio sebuah perusahaan.
Website jenis ini hanya untuk memperkenalkan profil perusahaan meskipun juga
dapat menjadi alat promosi jika dikelola dengan benar. Selain profil.produk dan
portfolio berupa konten teks dan foto atau video, fitur form kontak termasuk
yang penting dalam website ini agar pengunjung dapat dengan mudah menghubungi
perusahaan pemilik website jika mereka memerlukan produk atau jasa perusahaan
tersebut. Namun belakangan ini situs Company Profile semakin berkembang dengan
menambahkan fitur-fitur tertentu seperti artikel-artikel terkait, bahkan fonum
diskusi. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan bisnis melalui dunia maya.
12 Corporate Website
Berbeda dengan company profile.Corporate Website biasanya lebih
kompleks atau bisa juga disebut Company Web Portal. Website ini berisi
informasi lengkap dari latar belakang hingga kegiatan-kegiatan suatu
perusahaan, organisasi atau yayasan sosial haik yang bersifat profitable
ataupun non-profit. Informasi-informasi dalam corporate website bisa berupa
profile perusahaan organisasi, latar belakang, visi dan misi, daftar founder
dan pengurus, informasi investor dan klien hingga laporan keuangan, afiliasi
dan lain-lain serta artikel-artikel dan herita-herita yang terkait dengan
kegiatan perusahaan organisasi tersebut. Contoh corporate wehsite antara lain.
Pertamina General Motrs dan lain-lain.
13. Brand Building Website (Branding Website)
Brand Building Website dibuat untuk memperkenalkan serta membangun
image sebuah brand. Yang paling menonjol dari website seperti ini adalah konsep
untuk menyampaikan pesan sesuai dengan image yang akan dibangun. Fiturnya
sangat beragam dan biasanya cukup kompleks seperti animasi, game, video dan
fitur-fitur interaktif lainnya. Belakangan Brand Building website juga sering
diintegrasikan dengan social media seperti Facebook, Twitter hingga blog. Brand
Building website sering dimanfaatkan oleh produk-produk fast moving consumer
goods misalnya groseri, soft drinks, snack dan lain-lain. Sebuah website
branding sebaiknya dikelola secara dinamis dan selalu diupdate secara rutin
untuk menciptakan "customer engagement".
14. Online Store
Online store atau toko online sudah jelas peruntukannya adalah
untuk menjual barang secara online. Fitur-fitur utama online store adalah
katalog produk dengun informasi vang lengkap serta shopping cart, yaitu fitur
untuk pengunjung untuk melakukan pemesanan produk secara online. Online store
bisa bermacam-macam bentuk dan konsepnya. Fitur-litur online store juga bisa
bermacam-macam disesuaikan dengan hudget dan kemudahan yang didapatkan. Baik
kemudahan mengelola online store itu sendiri ataupun kemudalhan bagi pengunjung
untuk memilih dan berbelanja prosduk.
15. Katalog/Portfolio Online
Katalog/portfolio online hampir mirip dengan online store, hanya
jenis website ini lebih mengutamakan katalog atau portfolio dengan informasi
lengkap bagi pengunjung tanpa ada fitur transaksi online. Jika pengunjung
tertarik dengan produk-produk atau jasa yang ditawarkan, diharapkan pengunjung
akan langsung menghubungi pemilik website untuk melakukan pemesanan atau
negosiasi.
16. Blog
Blog adalah sebuah website yang berbentuk seperti jurnal atau
diari online. Biasa digunakan seorang blogger untuk mengeskpresikan pemikiran
dan opini-opininya. Bisa juga artikel-artikel seputar kegiatan blogger. Bisa
berisi tulisan maupun media gambar, video dan lainnya. Setiap artikel biasanya
disertai kolom komentar dimana pengunjung blog bisa meninggalkan komentar atau
berdiskusi mengenai artikel yang ditulis. Blog juga dianggap sebagai salah satu
social media karena para blogger biasanya saling berinteraksi melalui blog.
17. Portal Komersil
Portal komersil lahir dari konsep iklan baris, dimana melalui
portal ini member dapat menjual produk dan jasa mereka tanpa perlu membangun
website sendiri. Contoh portal komersil adalah JobsDB, Toko Bagus, Berniaga,
Rumah.com dan masih banyak lagi.
CARA KERJA WEBSITE
- USER/pengguna yang akan
mengakses suatu website berupa URL melalui WEB BROWSER (yaitu media untuk
menuju URL yang diakses).
- Kemudian WEB BROWSER tersebut
mengirimkan permintaan request berupa HTTP REQUEST kepada WEB SERVER
melalui layer-layer TCP IP.
- WEB SERVER memberikan WEB FILES
yang di-request jika ada.
- WEB FILES yang telah diberikan
tadi tidak langsung ditampilkan di-display begitusaja, namun WEB SERVER
memberikan respon kembali ke WEB BROWSER melalui HTTP RESPONSE yang juga
melalui layer-layer ICPI kemudian haru di terima oleh WEB BROWSER.
- Dan kemudian dikirinkan kepada USER henupu DISPLAY
JENIS-JENIS BLOG
- Blog politik: Tentang berita, politik,
aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
- Blog pribadi: Discbut juga buku harian
online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan,
puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
- Blog bertopik: Blog yang membahas
tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
- Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang
keschatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita
kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
- Blog sastra: Lebih dikenal sebagai
litblog (Literary blog).
- Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita
perjalanan yang menceritakan keterangan- keterangan tentang perjalanan
traveling.
- Blog mode: Lebih dikenal dengan
"fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera
fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
- Blog riset: Persoalan tentang
akademis seperti berita riset terbaru.
- Blog hukum: Persoalan tentang
hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
- Blog media: Berfokus pada bahasan
berbagai macam informasi.
- Blog agama: Membahas tentang agama.
- Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh
pelajar atau guru.
- Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis
oleh kelompok tertentu.
- Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link
halaman website.
- Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau
wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
- Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di
luar manusia; seperti anjing.
- Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi
bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).
- Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
- Blog gaya hidup
(lifestyle): Berisi
tema seputar gaya hidup dan hal-hal paling baru di dunia maya.
- Blog parenting: Berisi cerita tema
seputar menjadi orangtua dan pengalaman mengasuh anak
Contoh-contoh blog:
A.Berdasarkan Tujuannya
1. Blog untuk berorientasi personal.
Ciri - ciri : adanya: niche nya seringkali beragam, dan bahasa
yang digunakan subjektif atau berorientasi pada penulis post (blogger oriented).
2. Blog untuk Personal Branding.
Disini dapat mempromosikan "kapasitas" atau kemampuan
dari si pembuat blog / blogger. Cirinya seperti:
membahas niche, banyak berisi ulasan mendalam, penggunaan yang formal atau semi
formal, dan blog menunjukan karakter si blogger.
3. Blog untuk Monetisasi.
Blog ini sering juga discbut, build for adsense, meskipun selain
PPC ( Adsense ) ada juga sumber income lainya. Disini kita selalu berorientasi
pada pengunjung.
4. Blog untuk portofolio.
Blog untuk Portofolio ini menampilkan hasil karya dari blogger.
Pada umumnya blog jenis ini dibuat untuk menampilkan karya desain, fotografi (
photoblog ), dan komik ( comicblog).
B. Berdasarkan Genre
1. Personal Blog: Blog pribadi, tentang sescorang
2. Political Blog: Blog bertopik Politik
3. Travel Blog: Blog berkategorikan travelling, atau panduan
travelling
4. Fashion Blog: Blog tentang fashion
5. Music Blog: Blog tentang musik
6. Blog Education: Blog tentang pendidikan
contoh blog yang lain yang bisa dikunjungi seperti :
- phiranis.blogspot.com
- anisathox.blogspot.com
- pro-digy.blogspot.com
CARA MEMBUAT BLOG
1. Buka web www.blogger.com
2. Kemudian klik "create your blogg
3. Pilih akun email yang akan digunakan
4. Setelah meilih akun email yang akan anda gunakan untuk membuat akun blog, masukan kata sandi email anda
5. Pilih nama untuk blog anda
6. Konfirmasikan nama tampilan anda
7. Setelah selesai membuat akun, anda akan diarahkan ke halaman utama blog anda
CARA LOG-IN AKUN BLOG
1. Buka website www.blogger.com. Klik tulisan "Log-In" di pojok kanan atas
2. Pilih akun google anda dan masukkan kata sandi
3. Anda sudah selesai Log-In dan diarahkan ke halam utama blog
anda
CARA MEMPOSTING BLOG
1. Klik "+ new post" di sebelah kiri halaman
utama
2. Maka, nantinya akan muncul tampilan seperti ini untuk wadah
menulis blog
CARA MEMPOSTING BLOG
1. Setelah menulis blog, klik "publish" di pojok
kanan atas
2. Untuk melihat hasil tulisan klik "preview"
PERBEDAAN BLOG, BLOGGER, BLOGGING DAN BLOG
BLOG adalah website pribadi (personal website) baik yang dibuat
secara gratis di blogger, wordpress, atau platform blog gratis lainnya, maupun
dengan menggunakan nama domain dan hosting berbayar.
BLOGGER adalah pemilik blog atau yang mempunyai dan mengelola blog.
Blogger juga berarti platform blog gratis milik google, yakni www.blogger com,
dengan subdomain .blogspot.com
BLOGGING adalah aktivitas nge-blog. yaitu membuat dan mengisi blog dengan
tulisan, gambar, video, atau konten multimedia. Blogging dalam bahasa Indonesia
biasa disebut ngeblog
BLOGSPOT adalah subdomain alamat blog di platform blogger Jika dibuka
di Indonesia. maka alamatnya menjadi blogspot co.id. Di Hongkong, alamatnya
menjadi blogspot hk, di Jepang menjadi blogspot.jp. di India menjadi
blogspot.in. dan sehagainya
MANFAAT BLOG BAGI PERUSAHAN
1. Komunikasi dengan Pelanggan
Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara,
artikel maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah
mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya.
Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap
perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan.
Salah satu contoh perusahaan yang sukses menggunakan blog untuk sarana
komunikasi dengan pelanggan adalah Google. Melalui blog resminya http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan
berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk
baru, penambahan fitur produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan
lebih dari 250 ribu orang terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui
Feedburner), komunikasi antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat
baik.
2. Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
Bagi perusahaan (dan juga personal), blog dapat menjadi media
untuk membangun 'company branding'. Perusahaan dapat menyajikan artikel,
jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang
ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa
perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya
tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya. Sebagai contoh kecil
berdasarkan pengalaman saya. Saya cukup banyak membuat artikel dan tutorial
mengenai pemrograman web dengan PHP dan MYSQL di blog saya, http://achmatim net. Bahkan saya membagikannya secara gratis
dalam bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya mendapatkan
tawaran project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan membuat
posting tentang suatu topik di blog. pengunjung akan percaya bahwa penulisnya
tentu memiliki keahlian di topik tersebut
3. Menarik Perhatian Pelanggan
Perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian
pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat
serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk
ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak produser film yang memanfaatkan situs
atau blog untuk membangun opini publik sebelum film dirilis. Dengan adanya
tulisan berkenaan dengan film yang akan dirilis, membuat orang akan merasa
penasaran, schingga banyak orang yang tertarik untuk menonton film saat
dirilis.
4. Meningkatkan Penjualan
Buzz Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan
ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan yang membuat dan menjual suatu
software yang memungkinkan kita untuk membuat shorteut ke berbagai file, folder
atau aplikasi di komputer kita. Target penggunanya adalah orang yang ingin
bekerja secara cepat dan cfisien. Buzz mengatakan bahwa lebih dari 50 persen
pengunjung yang mendownload softwarenya, berasal dari blog seseorang yang
mereview software AetiveWords. Bahkan sebuah review di USA Today dapat
menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari
5. Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca mengenai
kasu yang dialami oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite.
Perusahaan ini mengalami kerugian hingga jutaan dollar karena terlambat
menyadari bahwa salah satu produknya ternyata cacat. Salah satu konsumen
menemukan bahwa hanya dengan menggunakan pensil, kunci dapat dibuka dengan
mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya di blog pribadinya. Efeknya
menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal, http://engadget.com, mempublikasikan
tulisan yang sama. Ribuan konsumen pengguna kunci dari Kryptonite menuntut
perusahaan, dan akibatnya perusahaan harus mengganti seluruh kerugian yang
dialami oleh konsumen dan menarik semua produknya yang cacat. Sebenarnya hal
tersebut tidak akan berlanjut hingga mengakibatkan kerugian besar bugi
perusahaan jika perusahaan cepat-cepat menanggapi temuan yang ditulis pertama
kali dan dengan segera melakukan perbaikan.
6.Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi
internal
Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai
sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong
untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar,
ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang
terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih
kondusif dan pada akhimya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas
karyawan.
Demikian penjelasan materi tentang Menerapkan pengelolaan informasi melalui web log , terimakasih telah membacaπ
π
BalasHapusNicee^_^
BalasHapusππ»
BalasHapusomaygat gaes kita dimana ini!!!
BalasHapusniceππ«
πππ
BalasHapusππ
BalasHapusππ
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusWawπ
BalasHapusSangat detail dalam menjelaskan materinya π
BalasHapusBagus ππ
BalasHapus