MENERAPKAN PENGELOLAAN INFORMASI MELALUI WEB LOG

Hai hai teman-teman saya Sri Wahyuni siswa SMKN 1 Kendal kelas 10 otkp 2 dalam blog ini saya akan menyampaikan tentang menerapkan pengelolaan informasi melalui web log


 

Pengertian Blog

Blog adalah jenis situs web yang biasanya disusun dalam urutan kronologis atau urutan waktu kejadian dari yang terbaru postingan terbaru di bagian atas halaman utama menuju ke postingan paling lama ke bawah.


SEJARAH WEB

WWW merupakan sebuah program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Pada awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, ia mengembangkan satu buah system untuk kepentingan pribadi. System ini merupakan program peranti lunak yg diberi nama Enquire.

 

www sendiri dΔ±kembangkan pertama kalΔ± dΔ± Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN Organisation Europeenne pour la Recherche Nucleaire). Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee menciptakan pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global. dan selanjutnya pada bulan Oktober 1990. 'World Wide Web sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN Dan di musim panas tahun 1991. WWW secara resmi dipakai secara luas pada jaringan Internet


SEJARAH BLOG

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

 

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

 

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.


JENIS-JENIS WEBSITE

1. Search Engine atau Mesin Pencarian

Search Engine atau mesin pencari adalah jenis website yang khusus mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam database kemudian menampilkan daftar indeks ini berdasarkan kata kunci atau "keywords" yang dicari oleh user. Mayoritas pengguna internet sudah familiar dengan situs scarch engine untuk mencari informasi yang mereka butuhkan melalui internet.

Beberapa contoh search engine antara lain :Google Search, Bing, Yahoo Search dan lain-lain.


2. Web Portal

Adalah situs yang mengumpulkan dan menyediakan aneka informasi dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada user, jika user tertarik untuk mengetahui informasi yang ada dengan lebih lengkap, user akan diarahkan ke sumber yang aslinya. Namun pada umumnya web portal tidak hanya menampilkan informasi dari sumber luar, kadang mereka juga menampilkan informasi-informasi dalam website mereka sendiri.

Beberapa contoh web portal antara lain :Yahoo, msn, msnbe dan lain-lain. Web Portal


3. Wiki Website

Wiki yang paling terkenal saat ini adalah wikipedia. Website wiki adalah website yang mengijinkan pengunjung untuk ikut menulis dan mengedit artikel yang ada dalam website tersebut dengan mengacu pada peraturan-peraturan tertentu. Masing-masing website wiki memiliki aturan yang berbeda-beda. Biasanya, meskipun semua pengunjung bebas untuk menulis dan mengedit artikel di website ini, namun ada sekelompok orang yang bertugas untuk memeriksa konten yang dimuat apakah layak atau tidak untuk website tersebut. Meskipun website wiki sering menjadi sumber referensi namun tidak semua informasi yang ada dapat dipercaya 100%.


4. Archieve Site

Archieve site atau situs arsip adalah website yang dibuat untuk mengumpulkan dan menyimpan materi-materi elektronik berupa konten-konten dan halaman-halaman website agar tidak hilang/punah. Contohnya archieve.org.


5. Social Networking/Social Media

Situs social networking atau situs pertemanan online adalah situs yang disediakan bagi para membernya untuk bertukar informasi dan media elektronik lainnya seperti foto, musik dan video. Beberapa situs social networking yang terkenal sebelum fenomena Facebook dan Twitter antara lain Multiply, Friendster dan MySpace. Kemudian bermunculan pula Social Media dengan tema-tema yang lebih spesifik seperti social media untuk berbagi lokasi (FourSquare), social media entertainment (GetGlue) dan masih banyak lagi.


6. Forum

Forum termasuk salah satu jenis website yang pernah menjamur di Indonesia. Apalagi sejak fenomena KasKus sebagai forum no 1 dan juga website dengan pengunjung terbanyak di Indonesia. Forum dibuat untuk ajang diskusi dan tukar informasi. Ada yang spesifik ada juga yang bersifat umum, dan dalam forum ini terdapat sub-sub forum berdasarkan kategori-kategori tertentu yang ditetapkan oleh admin. Untuk membangun sebuah forum yang lengkap membutuhkan waktu yang sangat banyak. Untungnya sudah tersedia software-software pembuat forum yang siap pakai, baik yang gratis ataupun berbayar.

Software pembuat forum yang terkenal adalah vBulletin, yang digunakan oleh kaskus dan banyak forum-forum internet lainnya. Sedangkan beberapa forum gratisan dan open-source antara lain : yabb, vanilla, SMF, phpbb dan lain-lain. Sedangkan contoh website forum antara lain Kaskus, Modifikasi, detikForum dan lain- lain.


7. Portal Berita dan Informasi

Portal berita dan informnasi adalah situs yang memuat berita-berita dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung. Bisa juga bherisi opini dan komentar-komentar seputar politik. teknologi dan lain-lain. Situs-situs berita ini seperti layaknya koran, majalah dan buletin online. Konsep dan karakteristik situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis berita dan target pembacanya Beherapa contoh situs berita adalah detik, kompas, cosmopolitan dan lain-lain.


8. Social Bookmarking

Social bookmarking adalah situs yang mengijinkan user untuk memasukan informasi atau sumber informasi artikel-artikel tertentu untuk dibaca atau di-rating dan dikomentari oleh user lainnya. Situs jenis ini sering digunakan oleh pemilik situs berita, blog dan situs-situs lainnya untuk mempromosikan konten situs mereka.

Beberapa situs social bookmarking yang terkenal adalah Lintas Berita, Digg dan stumbleupon


9. Media Sharing

Situs ini khusus disediakan bagi user untuk meng-upload media-media elektroknik seperti gambaer, musik dan video agar dapat dilihat atau di download oleh pengunjung lain. Contohnya adalah Youtube, Flickr, Imageshack dll.


10. Cloud

Situs jenis cloud ini adalah pengembangan dari situs media sharing dimana situs ini memberikan fasilitas penyimpanan file sekaligus berbagi file bagi anggotanya dengan fitur eanggih sinkronisasi file, dimana pengguna dapat melakukan sinkronisasi otomatis file-file tertentu di komputer atau gadget mereka dengan cloud server tanpa perlu melakukan upload file manual Beberapa contoh website cloud antara lain Dropbox. SkyDrive dan GoogleDrive.


11. Company Profile

Company profile biasanya berupa website sederhana untuk menampilkan profil dan produk atau jasa serta portfolio sebuah perusahaan. Website jenis ini hanya untuk memperkenalkan profil perusahaan meskipun juga dapat menjadi alat promosi jika dikelola dengan benar. Selain profil.produk dan portfolio berupa konten teks dan foto atau video, fitur form kontak termasuk yang penting dalam website ini agar pengunjung dapat dengan mudah menghubungi perusahaan pemilik website jika mereka memerlukan produk atau jasa perusahaan tersebut. Namun belakangan ini situs Company Profile semakin berkembang dengan menambahkan fitur-fitur tertentu seperti artikel-artikel terkait, bahkan fonum diskusi. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan bisnis melalui dunia maya.


12 Corporate Website

Berbeda dengan company profile.Corporate Website biasanya lebih kompleks atau bisa juga disebut Company Web Portal. Website ini berisi informasi lengkap dari latar belakang hingga kegiatan-kegiatan suatu perusahaan, organisasi atau yayasan sosial haik yang bersifat profitable ataupun non-profit. Informasi-informasi dalam corporate website bisa berupa profile perusahaan organisasi, latar belakang, visi dan misi, daftar founder dan pengurus, informasi investor dan klien hingga laporan keuangan, afiliasi dan lain-lain serta artikel-artikel dan herita-herita yang terkait dengan kegiatan perusahaan organisasi tersebut. Contoh corporate wehsite antara lain. Pertamina General Motrs dan lain-lain.


13. Brand Building Website (Branding Website)

Brand Building Website dibuat untuk memperkenalkan serta membangun image sebuah brand. Yang paling menonjol dari website seperti ini adalah konsep untuk menyampaikan pesan sesuai dengan image yang akan dibangun. Fiturnya sangat beragam dan biasanya cukup kompleks seperti animasi, game, video dan fitur-fitur interaktif lainnya. Belakangan Brand Building website juga sering diintegrasikan dengan social media seperti Facebook, Twitter hingga blog. Brand Building website sering dimanfaatkan oleh produk-produk fast moving consumer goods misalnya groseri, soft drinks, snack dan lain-lain. Sebuah website branding sebaiknya dikelola secara dinamis dan selalu diupdate secara rutin untuk menciptakan "customer engagement".


14. Online Store

Online store atau toko online sudah jelas peruntukannya adalah untuk menjual barang secara online. Fitur-fitur utama online store adalah katalog produk dengun informasi vang lengkap serta shopping cart, yaitu fitur untuk pengunjung untuk melakukan pemesanan produk secara online. Online store bisa bermacam-macam bentuk dan konsepnya. Fitur-litur online store juga bisa bermacam-macam disesuaikan dengan hudget dan kemudahan yang didapatkan. Baik kemudahan mengelola online store itu sendiri ataupun kemudalhan bagi pengunjung untuk memilih dan berbelanja prosduk.


15. Katalog/Portfolio Online

Katalog/portfolio online hampir mirip dengan online store, hanya jenis website ini lebih mengutamakan katalog atau portfolio dengan informasi lengkap bagi pengunjung tanpa ada fitur transaksi online. Jika pengunjung tertarik dengan produk-produk atau jasa yang ditawarkan, diharapkan pengunjung akan langsung menghubungi pemilik website untuk melakukan pemesanan atau negosiasi.


16. Blog

Blog adalah sebuah website yang berbentuk seperti jurnal atau diari online. Biasa digunakan seorang blogger untuk mengeskpresikan pemikiran dan opini-opininya. Bisa juga artikel-artikel seputar kegiatan blogger. Bisa berisi tulisan maupun media gambar, video dan lainnya. Setiap artikel biasanya disertai kolom komentar dimana pengunjung blog bisa meninggalkan komentar atau berdiskusi mengenai artikel yang ditulis. Blog juga dianggap sebagai salah satu social media karena para blogger biasanya saling berinteraksi melalui blog.


17. Portal Komersil

Portal komersil lahir dari konsep iklan baris, dimana melalui portal ini member dapat menjual produk dan jasa mereka tanpa perlu membangun website sendiri. Contoh portal komersil adalah JobsDB, Toko Bagus, Berniaga, Rumah.com dan masih banyak lagi.


CARA KERJA WEBSITE


  1. USER/pengguna yang akan mengakses suatu website berupa URL melalui WEB BROWSER (yaitu media untuk menuju URL yang diakses).
  2. Kemudian WEB BROWSER tersebut mengirimkan permintaan request berupa HTTP REQUEST kepada WEB SERVER melalui layer-layer TCP IP.
  3. WEB SERVER memberikan WEB FILES yang di-request jika ada.
  4. WEB FILES yang telah diberikan tadi tidak langsung ditampilkan di-display begitusaja, namun WEB SERVER memberikan respon kembali ke WEB BROWSER melalui HTTP RESPONSE yang juga melalui layer-layer ICPI kemudian haru di terima oleh WEB BROWSER.
  5. Dan kemudian dikirinkan kepada USER henupu DISPLAY

JENIS-JENIS BLOG

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Discbut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang keschatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan- keterangan tentang perjalanan traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi.
  • Blog agama: Membahas tentang agama.
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing.
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
  • Blog gaya hidup (lifestyle): Berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal paling baru di dunia maya.
  • Blog parenting: Berisi cerita tema seputar menjadi orangtua dan pengalaman mengasuh anak

Contoh-contoh blog:


A.Berdasarkan Tujuannya

1. Blog untuk berorientasi personal.

Ciri - ciri : adanya: niche nya seringkali beragam, dan bahasa yang digunakan subjektif atau berorientasi pada penulis post (blogger oriented).

2. Blog untuk Personal Branding.

Disini dapat mempromosikan "kapasitas" atau kemampuan dari si pembuat blog / blogger.     Cirinya seperti: membahas niche, banyak berisi ulasan mendalam, penggunaan yang formal atau semi formal, dan blog menunjukan karakter si blogger.

3. Blog untuk Monetisasi.

Blog ini sering juga discbut, build for adsense, meskipun selain PPC ( Adsense ) ada juga sumber income lainya. Disini kita selalu berorientasi pada pengunjung.

4. Blog untuk portofolio.

Blog untuk Portofolio ini menampilkan hasil karya dari blogger. Pada umumnya blog jenis ini dibuat untuk menampilkan karya desain, fotografi ( photoblog ), dan komik ( comicblog).

 

B. Berdasarkan Genre

1. Personal Blog: Blog pribadi, tentang sescorang

2. Political Blog: Blog bertopik Politik

3. Travel Blog: Blog berkategorikan travelling, atau panduan travelling

4. Fashion Blog: Blog tentang fashion

5. Music Blog: Blog tentang musik

6. Blog Education: Blog tentang pendidikan

 

contoh blog yang lain yang bisa dikunjungi seperti :

- phiranis.blogspot.com

- anisathox.blogspot.com

- pro-digy.blogspot.com


CARA MEMBUAT BLOG

1. Buka web www.blogger.com

2. Kemudian klik "create your blogg

3. Pilih akun email yang akan digunakan

4. Setelah meilih akun email yang akan anda gunakan untuk membuat akun blog, masukan kata sandi email anda

5. Pilih nama untuk blog anda

6. Konfirmasikan nama tampilan anda

7. Setelah selesai membuat akun, anda akan diarahkan ke halaman utama blog anda


CARA LOG-IN AKUN BLOG

1. Buka website www.blogger.com. Klik tulisan "Log-In" di pojok kanan atas


2Pilih akun google anda dan masukkan kata sandi


3. Anda sudah selesai Log-In dan diarahkan ke halam utama blog anda


CARA MEMPOSTING BLOG

1. Klik "+ new post" di sebelah kiri halaman utama


2. Maka, nantinya akan muncul tampilan seperti ini untuk wadah menulis blog

 

CARA MEMPOSTING BLOG

1. Setelah menulis blog, klik "publish" di pojok kanan atas


2. Untuk melihat hasil tulisan klik "preview"

 

PERBEDAAN BLOG, BLOGGER, BLOGGING DAN BLOG

BLOG adalah website pribadi (personal website) baik yang dibuat secara gratis di blogger, wordpress, atau platform blog gratis lainnya, maupun dengan menggunakan nama domain dan hosting berbayar.

BLOGGER adalah pemilik blog atau yang mempunyai dan mengelola blog. Blogger juga berarti platform blog gratis milik google, yakni www.blogger com, dengan subdomain .blogspot.com

BLOGGING adalah aktivitas nge-blog. yaitu membuat dan mengisi blog dengan tulisan, gambar, video, atau konten multimedia. Blogging dalam bahasa Indonesia biasa disebut ngeblog

BLOGSPOT adalah subdomain alamat blog di platform blogger Jika dibuka di Indonesia. maka alamatnya menjadi blogspot co.id. Di Hongkong, alamatnya menjadi blogspot hk, di Jepang menjadi blogspot.jp. di India menjadi blogspot.in. dan sehagainya


MANFAAT BLOG BAGI PERUSAHAN


1. Komunikasi dengan Pelanggan

Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya. Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan. Salah satu contoh perusahaan yang sukses menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan pelanggan adalah Google. Melalui blog resminya http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk baru, penambahan fitur produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan lebih dari 250 ribu orang terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui Feedburner), komunikasi antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.

2. Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan

Bagi perusahaan (dan juga personal), blog dapat menjadi media untuk membangun 'company branding'. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya. Sebagai contoh kecil berdasarkan pengalaman saya. Saya cukup banyak membuat artikel dan tutorial mengenai pemrograman web dengan PHP dan MYSQL di blog saya, http://achmatim net. Bahkan saya membagikannya secara gratis dalam bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya mendapatkan tawaran project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan membuat posting tentang suatu topik di blog. pengunjung akan percaya bahwa penulisnya tentu memiliki keahlian di topik tersebut

3. Menarik Perhatian Pelanggan

Perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak produser film yang memanfaatkan situs atau blog untuk membangun opini publik sebelum film dirilis. Dengan adanya tulisan berkenaan dengan film yang akan dirilis, membuat orang akan merasa penasaran, schingga banyak orang yang tertarik untuk menonton film saat dirilis.

4. Meningkatkan Penjualan

Buzz Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan yang membuat dan menjual suatu software yang memungkinkan kita untuk membuat shorteut ke berbagai file, folder atau aplikasi di komputer kita. Target penggunanya adalah orang yang ingin bekerja secara cepat dan cfisien. Buzz mengatakan bahwa lebih dari 50 persen pengunjung yang mendownload softwarenya, berasal dari blog seseorang yang mereview software AetiveWords. Bahkan sebuah review di USA Today dapat menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari

5. Memperbaiki Kesalahan Perusahaan

Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasu yang dialami oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini mengalami kerugian hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah satu produknya ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan menggunakan pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal, http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen pengguna kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya perusahaan harus mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen dan menarik semua produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan berlanjut hingga mengakibatkan kerugian besar bugi perusahaan jika perusahaan cepat-cepat menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan dengan segera melakukan perbaikan.

6.Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi internal

Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhimya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.

 

Demikian penjelasan materi tentang Menerapkan pengelolaan informasi melalui web log  , terimakasih telah membacaπŸ™

 

 


Komentar

Posting Komentar